Thursday, April 4, 2013

more story

when there's not much to tell, let the picture speaks! :>

Hafidz belajar pake pacifier, 3mo
Pertama kali saya lihat pacifier ini di NICU tempat Hafidz dilahirkan. Perawat menyarankan saya untuk mencari nya, karena tidak mudah ditemui. Ini adalah pacifier khusus untuk bayi prematur, design nya sedikit berbeda. Saya sendiri mendapatkanya di e-bay <thanks tante yetti and om iqbal udah bantu beliin>... pacifier disarankan untuk bayi prematur yang refleks isap nya belum sempurna. menurut buku neonatologi yang saya baca, bayi prematur yang diberikan pacifier, dapat menurunkan resiko SIDS <Sudden Infant Death Syndrome>. Hafidz bisa menggunakan pacifier, dan saat ini juga kami sering mengajarkan Hadidz minum susu lewat mulut, hafidz bisa menghisap nya dengan baik, hanya saja tidak ditelan atau lupa bernafas. Koordinasi nya belum baik. Seiring hafidz besar, dan kami mengetahui maslaah paru nya, dan karena Hafidz sering dirawat untuk waktu lama, kemampuan Hafidz memakai dot semakin berkurang dan hilang.
pacifier khusus bayi prematur


Selain pacifier, kami juga mencoba memberikan hafidz susu dengan botol dot untuk bayi dengan kebutuhan khusus. Botol ini juga bisa digunakan untuk bayi dengan bibir sumbing, atau langit-langit terbelah. Kami masih mencobakannya sampai saat ini walaupun belum ada perkembangan berarti. Permasalahan utamanya adalah kemampuan menelan yang belum sempurna, jika sudah mual atau muntah saya tidak akan melanjutkan belajar minum walaupun susu yang diberikan baru satu atau dua tetes.

Sejak lahir sampai sekarang, Hafidz selalu tidur dengan posisi miring, agar jalan nafas lebih lapang dan agar jika muntah, cairan tidak masuk ke paru.Hafidz sendiri jika sedang bangun, selalu berusaha mencari posisi agar jalan nafas lebih terasa nyaman, sehingga walaupun sudah dimiringkan, Hafidz biasanya akan mendongakkan kepalanya sendiri, agar bisa bernafas lebih lega.
arching head


No comments:

Post a Comment