Tuesday, September 3, 2013

February to May 2O13

Di post sebelumnya saya tampilkan gambar hafidz belajar mencicipi makanan. Saya sangat senang sekali. Tak terbayangkan akhirnya saya diberi kesempatan mengajarkan Hafidz makan, sesuatu yang bahkan tidak berani saya pikirkan di bulan bulan pertama merawat Hafidz. Saya jadi selalu bersemangat. Saking semangat nya saya mencobakannya ke Hafidz hampir tiap hari, saya usahakan 2 kali sehari. Tapi ternyata Hafidz belum siap, kemampuan menelan Hafidz masih belum terlalu bagus. Tidak lama setelah itu, Hafidz demam, dan mulai kesulitan bernapas, ujung tangan dan kaki tidak cerah. Hafidz kembali saya pakaikan oksigen dan nebulisasi berkala. Saya juga pernah mengajari Hafidz saat Hafidz sudah pakai oksigen. Setelah itu Hafidz demam lagi. Rasanya sedih sekali, sepertinya makanan yang saya cicipi mungkin ada yang masuk ke saluran napas <aspirasi>. Semenjak itu saya sudah tidak lagi mengajarkan Hafidz makan sampai saat ini.

Hafidz dicicipi pepaya




Sejak Hafidz mencapai berat 2 kilogram, Hafidz juga sudah mulai kita imunisasi, dengan syarat Hafidz dalam kondisi stabil, tidak demam. Namun biasanya imunisasi yang diberikan tidak sesuai dengan jadwal yang seharusnya, karena Hafidz sering bolak balik masuk rumah sakit. Alhamdulillah sampai saat ini Hafidz berumur 19 bulan, sudah dapat imunisasi yang hampir lengkap. BCG, Hep B, HiB, DPT, Polio, MMR, dan Pneumonia. Diusahakan hafidz dapat imunisasi lengkap mengingat Hafidz yang cukup rentan. mudah2an dalam waktu dekat Hafidz mau imunisasi Influenza. Saya bersyukur hafidz di Pekanbaru dirawat oleh dokter yang pro Imunisasi, Pro ASI dan karena sudah lama merawat Hafidz,sudah cukup banyak mengerti tentang kondisi kesehatan Hafidz.

Selain catch up Imunisasi, Hafidz juga sudah mulai aktif ikut terapi. Yang dulunya 1 kali seminggu , sekarang sudah 2 kali seminggu. Lucu sekali rasanya menemani Hafidz terapi. hafidz keseringan ngantuk saat di terapi, bahkan hafidz pernah tertidur saat sedang terapi, imuuuut sekali... lol

Tertidur saat terapi :D

No comments:

Post a Comment