Tuesday, September 12, 2017

Persiapan Terbang Bayi 6 bulan

Sejak tahu Ihsan dan saya akan ikut ayah nya sekolah ke Inggris, persiapan keperluan Ihsan pun kami mulai. Salah satu yang kami antisipasi adalah bagaimana Ihsan bisa nyaman selama perjalanan yang memakan waktu hampir 20 jam.
Kami berangkat dari Pekanbaru, dan menginap 1 malam di Jakarta agar Ihsan bisa istirahat. Untuk penerbangan internasional ini, kami sengaja pilih penerbangan malam. Karena Ihsan termasuk bayi yang tidur di sepanjang malam. Biasanya sudah mulai tidur sejak jam 8 malam hingga subuh. Kami juga harus memilih tempat kami akan mendarat. Kami tidak pilih mendarat di London karena masih lumayan jauh ke Nottingham (4 jam dengan kendaraan).
So, kami pilih mendarat di Manchester yang jaraknya kurang lebih 1,5 jam saja dari Nottingham. Untuk maskapai, Kami memilih naik Emirates. Beberapa pertimbangan nya adalah:
- Emirates termasuk maskapai yang memberikan bagasi yang besar, 30 kg per orang. Ditambah ekstra 10 kg untuk bayi. Jadi total kami bertiga bisa 70 kg. Meski begitu, 1 koper berat nya tidak boleh lebih dari 32 kg. Awalnya kami bawa 2 koper dengan berat diatas 32 kg, akhirnya di Jkt beli koper yang lebih kecil dan susun ulang, menjadi 3 koper dengan berat masing berkisar 20-21 kg.
- Saya dan suami punya bucket list kalo soal naik pesawat hehehe. Suami ingin naik Dreamliner dengan segala fitur sayap nya yang canggih, sementara saya ingin naik airbus a380 yang super gede. (maklum ndeso hehehe). Dan pas sekali, Jkt-Dubai pesawat nya dreamliner, Dubai-Manchester pesawat nya Airbus. and it was an amazing experience!. Bener bener bisa lihat sayap Dreamliner yang lebih tinggi when flying and move when turbulence :D
- Emirates menyediakan stroller selama di terminal yang sangat gede dan luas sekali itu, bisa digunakan sampai waktu boarding.

Semua penerbangan Internasional akan menyediakan Bassinet (tempat tidur) untuk bayi. Jangan lupa diingatkan saat check-in atau saat membeli tiket. Ukuran bassinet nya cukup lebar, Ihsan yang berumur 6 bulan bisa tidur dengan nyaman.

Ihsan biasanya tidur dalam suasana gelap, jadi untuk mengakali cahaya dari monitor dan kabin selama di pesawat, kami order Cover untu Bassinet yang sudah di setujui untuk digunakan didalam pesawat oleh beberapa maskapai, termasuk Emirates. Cozigo cover ini sangat membantu menciptakan suasana gelap untuk Ihsan tidur. Saya dan suami jadi bisa ikut curi curi waktu tidur.
Cover nya juga bisa dipake di stroller hampir semua merk karena ukuran nya standar, panjang pendek nya bisa disesuaikan.

Saya pernah menggunakan cozigo ini saat jalan ke mall, jadi Ihsan bisa tidur tanpa terganggu silau cahaya terang di mall, saya bisa makan santai :)

Ihsan saat terbang masih ASI eksklusif, jadi saya belum repot mempersiapan makanannya. Saya susui Ihsan on demand dan Alhamdulillah perjalanan lancar. Sebaiknya tetap bawa selimut sendiri untuk jaga jaga.

bassinet 
Bassinet cover

Fasilitas stroller di terminal Dubai

Cozigo on stroller



No comments:

Post a Comment